follow us


Ketika anda telah lulus kuliah atau sekolah, apa yang anda pikirkan? Mendapatkan pekerjaan bukan? Anda tidak bisa bebas begitu saja. Setelah sekolah, ada banyak beban yang harus anda selesaikan. Banyak orang yang sudah lulus kuliah merasa bahwa gelar yang mereka miliki akan sangat membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan. Jangan salah, bahkan gelar pun tidak bisa terlalu banyak menolong anda meraih kerja impian.

Kesulitan dalam dunia pekerjaan akan pula dirasakan oleh mereka yang sudah mendapatkan gelar sarjana. Berikut tips bekerja untuk freshgraduate:

1. Jangan hanya ingin bekerja di perusahaan multinasional

Perusahaan multinational akan memberikan pengalaman kerja untuk kamu dan memberikan suasana kerja yang lebih profesional serta menguntungkan dibandingkan dengan perusahaan yang kecil. Namun perusahaan-perusahaan kecil juga memberikan keuntungan lainnya yang tak kalah menyenangkan seperti kerja sama tim yang apik, lebih fleksibel dan interaksi dengan atasan akan lebih sering karena birokrasi yang rendah.

Satu lagi bahwa perusahaan kecil pun juga mengalami perubahan dan perkembangan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Anda pun akan merasakan peran dan kontribusi selama proses.

2. Terlalu asyik menikmati masa muda

Para freshgraduate ini seringkali merasa bahwa dirinya masih berusia muda. Mereka pun lantas membuang uang mereka untuk hal-hal yang tidak berguna. Karena merasa telah bebas secara finansial, maka mereka pun berpikir untuk menabung gaji mereka nanti jika sudah merasa cukup umur. Lalu mereka pun menghabiskan uang mereka untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, traktiran dan sebagainya. Tetapi jangan lupa semakin muda dalam menabung maka akan semakin baik.

Bayangkan jika dari gaji pertama anda sudah mulai menabung maka berapa banyak yang akan terakumulasi ketika sudah berusia 35 tahun? Banyak bukan? Atau jika anda gunakan untuk membayar cicilan rumah anda sendiri. Tidak masalah jika anda bisa menerapkan prinsip bersakit-sakit dahulu, baru bersenang-senang kemudian.

3. Gaji dan Gelar tidak akan sebanding

Sebagus apapun kualitas universitasmu dan setinggi apapun IPK kamu tidak akan bisa memberikan gaji yang memuaskan. Faktanya lain lagi. Mungkin saja nominal gaji akan tetap seperti ini kecuali terus berusaha dengan fokus terhadap karir. Memang sangat menyedihkan tetapi begitulah realita yang harus diterima oleh fresh graduate.

IPK cumlaude dari universitas ternama bukan jaminan bagi perusahaan menarik anda untuk bekerja. Yang dibutuhkan oleh perusahaan lebih dari sekedar nilai bagus di ijazah. Para perekrut ingin anda menunjukkan bahwa anda memang layak untuk direkrut dan anda juga layak digaji dengan upah yang pantas. Oleh karena itu, jangan pernah berputus asa ketika gaji beberapa bulan pertama tidak sesuai dengan ekspektasi. Lama-lama jika kinerja kamu bagus, gaji akan naik dengan sendirinya.

4. Putus asa ketika perusahaan tidak membalas lamaran

Jika anda melamar kerja di sebuah perusahaan yakinlah bahwa resume, CV dan keperluan berkas lain yang telah dikirimkan akan dilihat. Jangan cemas jika belum dihubugi lalu menjadi putus asa dan merasa tidak punya kualifikasi untuk bekerja. Nyatanya, ada banyak kemungkinan mengapa sebuah perusahaan atau perekrut tidak tertarik pada lamaran freshgraduate. Mungkin saja banyak pelamar yang mengantri. Kedua, posisi yang anda lamar kurang cocok dengan kemampuan yang anda miliki. Bisa saja tidak cocok dengan karakter yang dibutuhkan pada lingkungan yang bersangkutan.

Itulah beberap tips bekerja untuk perusahaan fresh graduate.

Langganan Info Loker

Berlangganan artikel Gratis langsung via email...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar