Gaji Operator Produksi di Karawang beserta Tugas, Jenjang Karir, dan Cara Melamar Kerja

Gaji Operator Produksi

Karawang merupakan salah satu kota dengan UMK tertinggi di Indonesia. Dikutip dari beberapa sumber, UMK kabupaten Karawang pada tahun 2024 berada di angka Rp. 5,2-juta/bulan. Berada satu tingkat di bawah kabupaten Bekasi. Maka tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk merantau dan bekerja di Karawang.

Salah satu pekerjaan yang diminati di Karawang adalah sebagai operator produksi. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjadi operator produksi di Karawang, maka Anda harus informasi tentang gaji operator produksi di Karawang berikut ini.

Sekilas Tentang Karawang

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Bekasi, Bandung, Subang dan Purwakarta, Karawang merupakan salah satu tempat ideal untuk mencari pekerjaan. Banyak industri dan pabrik-pabrik besar dibangun di kota ini. Sebut saja Karawang International Industrial City atau KIIC, Bukit Indah City (BIC), dan masih banyak lagi.

Karawang juga menjadi tempat untuk berdirinya berbagai pabrik besar, seperti PT. Saltindo Perkasa yang memproduksi garam, PT. Pindo Deli Pulp yang memproduksi kertas, dan masih banyak lagi pabrik besar yang berada di Karawang. Bahkan salah satu industri milik negara yakni Perum Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia) juga berlokasi di Karawang.

Dan sebagai kota industri, Karawang memiliki standar upah yang menggiurkan. Tertarik untuk mengadu nasib di Karawang sebagai operator produksi? Berikut adalah informasi mengenai gaji operator produksi di Karawang.

Apa Itu Operator Produksi?

Operator produksi merupakan profesi yang memiliki banyak peminat. Gaji yang menggiurkan dengan persyaratan yang relatif sederhana, membuat banyak orang berbondong-bondong melamar sebagai operator produksi.

Tapi sebenarnya, apa itu operator produksi? Bagaimana cara kerjanya, dan apa persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar sebagai operator produksi? Mari kita bahas.

Sesuai namanya, operator produksi merupakan orang yang bertugas mengoperasikan dan mengawasi mesin produksi. Biasanya, operator produksi ini bekerja di pabrik yang menghasilkan produk tertentu. Baik itu makanan, suku cadang, pakaian, dan sebagainya.

Persyaratan untuk melamar sebagai operator produksi relatif sederhana. Dari segi pendidikan, biasanya pendidikan minimal untuk menjadi operator produksi adalah SMA dan sederajat. Tapi ada juga yang hanya terbuka untuk lulusan SMK dengan jurusan tertentu.

Operator produksi memang tidak membutuhkan pendidikan yang spesifik. Tetapi karena akan mengoperasikan mesin atau peralatan tertentu, maka seorang calon operator produksi harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Dalam hal ini, biasanya pihak perusahaan akan memberikan pelatihan pada masa uji coba atau training, sebelum Anda benar-benar diterima sebagai operator produksi di perusahaan tersebut.

Selain itu, sebagai operator produksi Anda juga dituntut untuk bisa bekerja di bawah tekanan, dan memiliki kondisi fisik yang prima. Beberapa perusahaan juga ada yang mengharuskan operator produksinya untuk bisa mengoperasikan komputer.

Gaji Operator Produksi di Karawang

Sebelum membahas tentang gaji operator produksi di Karawang, saya akan coba membahas tentang gaji operator produksi secara keseluruhan. Secara umum rata-rata gaji operator produksi di Indonesia berada di kisaran Rp. 4-juta sampai Rp. 6,5-juta per bulan. Meski demikian, nominal ini bukan acuan yang pasti. Karena ada perbedaan antara gaji operator produksi senior dan yang masih junior.

Untuk operator produksi junior, atau dengan pengalaman kerja di bawah satu tahun, biasanya mendapatkan gaji sekitar Rp. 3-juta sampai Rp. 5-juta per bulan.

Sedangkan operator produksi senior, yang sudah memiliki pengalaman kerja di atas dua tahun, bisa mendapatkan gaji mulai Rp. 5-juta hingga Rp. 8-juta setiap bulannya. Sementara untuk manajer operator produksi, gajinya bisa lebih besar lagi. Mulai dari Rp. 8-juta hingga Rp. 15-juta per bulan. Jumlah yang sangat menggiurkan bukan?

Selain itu, gaji operator produksi juga dipengaruhi oleh UMK/UMP dari daerah setempat. Semakin besar UMK/UMP di daerah tempat Anda bekerja, maka semakin besar juga gaji yang akan didapat setiap bulannya. Dan seperti yang sudah saya sebutkan di awal bahwa kabupaten Karawang menjadi tempat dengan UMK yang cukup tinggi, bahkan termasuk yang tertinggi di Indonesia. Gaji operator produksi di Karawang pun tergolong tinggi, antara Rp. 5,2-juta sampai Rp. 6-juta per bulan.

Tugas Operator Produksi

Setelah mengetahui informasi mengenai gaji operator produksi di Karawang, Anda juga harus mengetahui tugas-tugas seorang operator produksi.

1. Mempersiapkan Bahan

Tugas pertama dari seorang operator produksi adalah mempersiapkan semua bahan dan keperluan yang akan digunakan dalam proses produksi.

2. Mengoperasikan Mesin Produksi

Setelah semua bahan sudah siap, tugas Anda selanjutnya adalah mengoperasikan mesin produksi. Hal ini meliputi menyalakan mesin, menjalankan mesin produksi, memantau kinerja dan hasil dari mesin produksi, hingga mematikan mesin produksi. Semua proses harus dilakukan dengan benar, agar produk yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar yang ditentukan oleh perusahaan.

3. Melaksanakan Rencana Produksi

Saat mengoperasikan mesin, Anda juga harus melaksanakan proses produksi sesuai dengan rencana produksi yang ditentukan perusahaan.

4. Menjaga Kualitas Produk

Proses produksi yang panjang tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Dan sebagai operator produksi, Anda juga bertanggung jawab untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

5. Membuat Laporan

Meskipun identik dengan mesin dan peralatan berteknologi tinggi, tetapi operator produksi juga dituntut untuk memiliki skill di bidang administrasi. Hal ini dikarenakan saat proses produksi berakhir, seorang operator biasanya harus membuat laporan kerja yang nantinya akan diberikan ke bagian produksi. Laporan ini berfungsi sebagai evaluasi kinerja, dan membantu perusahaan untuk mengontrol kualitas produk yang dihasilkan.

Jenjang Karir Operator Produksi

Selain menawarkan gaji yang menggiurkan, menjadi operator produksi di Karawang juga memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Di tahap awal, Anda bisa meniti karir sebagai staff operator produksi terlebih dahulu. Kemudian jenjang karir akan meningkat menjadi supervisor, assistant manager, hingga jenjang karir tertinggi adalah sebagai manajer produksi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah informasi tentang jenjang karir operator produksi.

1. Staff Produksi

Jenjang karir Anda di bidang produksi dimulai dari sini. Staff produksi adalah orang yang bertugas untuk melakukan proses produksi barang. Mulai dari menyiapkan bahan, mengoperasikan mesin, dan sebagainya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2. Supervisor Produksi

Setelah menjadi staff, Anda memiliki kesempatan untuk naik ke jenjang karir yang lebih tinggi yakni sebagai supervisor produksi. Seorang supervisor tidak lagi bertugas untuk menjalankan mesin produksi, melainkan bertugas untuk mengatur dan mengawasi kinerja mesin sekaligus staff produksi.

3. Assistant Manager Produksi

Sesuai namanya, assistant manager bertugas untuk membantu pekerjaan seorang manager produksi. Assistant manager ini merupakan jenjang karir lanjutan dari supervisor produksi.

Tugas seorang assistant manager produksi antara lain : menyusun rencana kerja, mengontrol biaya produksi, dan membantu manager dalam menyusun strategi untuk perkembangan perusahaan. Sebagai seorang assistant manager, selain harus memiliki skill teknis Anda juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

4. Manager Produksi

Setelah menjadi assistant manager, Anda bisa melangkah ke jenjang karir tertinggi di bidang produksi yakni sebagai manager produksi. Manager produksi ini juga sering disebut sebagai manajer pabrik (factory manager). Dari segi gaji, tentu manager produksi memiliki gaji yang sangat menggiurkan. Sesuai dengan job desk dan tanggung jawabnya.

Manager produksi harus bisa mengatur perusahaan dengan sebaik mungkin, bertanggungjawab membuat keputusan yang terbaik untuk perusahaan, dan bisa menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan profesional. Khususnya SDM di bidang produksi.

Cara Melamar Kerja Sebagai Operator Produksi di Karawang

Untuk melamar kerja sebagai operator produksi di Karawang, caranya mudah sekali. Anda bisa melamar secara offline dengan datang langsung ke pabrik atau perusahaan terkait. Atau bisa juga melamar secara online melalui aplikasi atau situs pencari lowongan kerja, seperti Lokerkarawang.com, Infolokerkarawang.com, LinkedIn, Jobstreet, dan sebagainya.

Tinggal ketikkan saja kata kunci “Operator Produksi”, lalu atur lokasi pekerjaan menjadi “Karawang”, dan aplikasi akan langsung menampilkan informasi lowongan kerja operator produksi di Karawang. Selanjutnya Anda bisa langsung melamar ke perusahaan yang diinginkan. Tapi pastikan untuk selalu berhati-hati saat melamar kerja, jangan sampai Anda terjebak dengan info lowongan kerja palsu.

Dengan segala kelebihannya, meniti karir sebagai seorang operator produksi di Karawang bisa menjadi pilihan yang terbaik. Belum lagi gaji operator produksi di Karawang juga relatif lebih besar jika dibandingkan daerah lainnya.

Read Also