Menggiurkan! Inilah 6 Perusahaan Besar di Karawang Yang Bergaji Relatif Tinggi

PT. Sunchirin Industries Indonesia

Sebagai salah satu kota industri, Karawang memang seolah sudah menjadi primadona bagi para pencari kerja. Gaji yang relatif lebih tinggi dari daerah lain merupakan salah satu penyebabnya. Ya, Karawang memang memiliki UMK yang tinggi. Bahkan menjadi salah satu daerah dengan standar gaji minimum yang tertinggi di Indonesia. Pada tahun 2024 saja, Karawang tercatat memiliki UMK di angka Rp. 5,2-juta/bulan.

Bahkan jika Anda bekerja di perusahaan besar, kemungkinan bisa mendapatkan gaji yang lebih besar lagi. Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di Karawang, berikut adalah 6 Perusahaan Besar di Karawang Yang Bergaji Relatif Tinggi.

6 Perusahaan Besar di Karawang Yang Bergaji Relatif Tinggi

Tak bisa dipungkiri bahwa gaji menjadi salah satu tolok ukur seseorang saat memilih pekerjaan. Normalnya, seseorang akan selalu menginginkan gaji sebesar mungkin dengan bekerja seminimal mungkin. Sama seperti motif ekonomi. Meskipun hal ini nyaris tidak mungkin untuk terealisasikan, tapi tetap saja perusahaan yang memberikan gaji tinggi selalu menjadi incaran. Setidaknya dengan pekerjaan yang sama, bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lainnya. Mungkin begitu teorinya.

Karawang sendiri menjadi “rumah” bagi perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Khususnya perusahaan otomotif dan sparepart kendaraan. Sebut saja Honda, Yamaha, Toyota, bahkan Sharp. Semua ada di Karawang. Beberapa diantaranya ada yang menawarkan gaji lebih tinggi dari perusahaan lainnya. Dan berikut adalah beberapa perusahaan besar di Karawang yang bergaji relatif tinggi.

1. PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota. Produsen mobil asal Jepang ini memang sudah mendunia. Produknya diekspor dan digunakan di banyak negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, salah satu pabrik Toyota berada di kabupaten Karawang. Tepatnya di Kawasan Karawang International Industrial City alias KIIC. Dikutip dari beberapa sumber, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia memproduksi kendaraan, mesin, sekaligus sparepart khusus untuk mobil Toyota.

Beberapa jenis kendaraan yang diproduksi di sini seperti Toyota Fortuner, Toyota Yaris, Kijang, dan masih banyak lagi.

Soal gaji, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia menawarkan gaji yang menggiurkan bagi para pegawainya. Untuk operator produksi saja, bisa menerima gaji mulai dari Rp. 5-juta sampai Rp. 7-juta setiap bulannya. Tergantung pada pengalaman dan sudah berapa lama dia bekerja. Sedangkan untuk bagian lain seperti engineering, manufaktur, finance, dan hari admin bisa mendapatkan gaji mulai Rp. 5-juta ke atas setiap bulannya. Untuk staff yang sudah berpengalaman, nominal gaji ini tentu bisa lebih tinggi lagi.

2. PT GS Battery

Saya yakin Anda juga pasti sudah tidak asing dengan perusahaan satu ini. Ya, GS Battery merupakan perusahaan yang memproduksi baterai aki yang sudah sangat populer di Indonesia. Perusahaan besar ini juga ternyata bermarkas di kabupaten Karawang.

Berbeda dengan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang berada di Kawasan Industri Karawang International Industrial City, PT GS Battery ini berada di Kawasan Industri Surya Cipta. Didirikan pada tahun 1972, PT GS Battery memegang lisensi resmi dari Japan Storage Battery. Aki GS Astra dari PT GS Battery dipercaya sebagai aki resmi untuk berbagai merek kendaraan. Seperti Honda, Yamaha, Daihatsu, Suzuki, bahkan Toyota.

Sebagai salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia, PT GS Battery Karawang memiliki gaji dengan besaran yang menggiurkan. Untuk profesi seperti operator produksi, PT GS Battery Karawang menawarkan gaji antara Rp. 4,2-juta hingga Rp. 8-juta per bulan. Tergantung lamanya masa kerja. Semakin lama Anda mengabdi di perusahaan, maka semakin berpengalaman dan semakin tinggi jug gaji yang akan Anda dapatkan. Untuk divisi lain seperti finance dan maintenance, bisa mendapatkan gaji antara Rp. 7-juta sampai Rp. 11-juta per bulan.

3. PT Astra Daihatsu Motor

Selain Toyota, produsen mobil lain yang pabriknya ada di Karawang adalah Daihatsu. Sama-sama berasal dari negeri sakura, PT Astra Daihatsu Motor juga berlokasi di Karawang International Industrial City. PT Astra Daihatsu Motor sendiri menjadi pemegang tunggal hak produksi kendaraan dengan merek Daihatsu di Indonesia. Mulai dari merakit, membuat, hingga mengimpor kendaraan.

Beberapa tipe mobil Daihatsu yang diproduksi oleh pabrik ini seperti Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, dan masih banyak lagi.

Memiliki pangsa pasar yang sangat besar, PT Astra Daihatsu Motor juga termasuk salah satu perusahaan besar di Indonesia. Tak heran jika gaji yang ditawarkan juga relatif tinggi dan sangat menggiurkan. Operator produksi di PT Astra Daihatsu Motor bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 5-juta per bulan.

Sedangkan untuk pekerja yang memiliki spesialisasi, bisa mendapatkan gaji antara Rp. 5-juta sampai Rp. 6-juta per bulan. Untuk divisi yang lebih tinggi seperti human resources, it, atau finance bisa mendapat gaji Rp. 6-juta sampai Rp. 10-juta per bulan.

4. PT Yamaha Motor Manufacturing West Java

perusahaan besar di karawang yang bergaji relatif tinggi selanjutnya ada PT Yamaha Motor Manufacturing West Jawa. Seperti yang bisa Anda tebak, perusahaan yang berada di Karawang International Industrial City ini memproduksi sepeda motor dengan brand Yamaha. Beberapa tipe sepeda motor yang diproduksi di pabrik ini antara lain Jupiter Z1, Mio GT, dan sepeda motor Yamaha yang lainnya. Baik motor matic maupun motor bebek.

Seperti yang kita ketahui, Yamaha merupakan salah satu pemain besar di industri sepeda motor Indonesia. Maka tak heran jika gaji yang ditawarkan PT Yamaha Motor Manufacturing West Jawa juga sangat menggiurkan.

Untuk posisi operator produksi saja, bisa mendapatkan gaji hingga Rp. 5,7-juta per bulan. Sedangkan divisi manufacturing bisa mendapatkan gaji yang lebih besar lagi, bisa Rp. 7,7-juta per bulan. Jumlah ini tentu disesuaikan dengan pengalaman kerja. Semakin lama Anda bekerja di perusahaan tersebut, maka semakin besar potensi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

5. PT Yamaha Motor Parts Manufacturing

Jika perusahaan sebelumnya bertugas untuk memproduksi sepeda motor dengan merek Yamaha, maka perusahaan ini bertugas untuk membuat spare parts atau suku cadang khusus untuk Yamaha. Dari segi gaji, PT Yamaha Motor Parts Manufacturing menawarkan gaji yang tak kalah menggiurkan. Untuk staff quality control, bisa mendapatkan gaji Rp. 3,9-juta per bulan. Sementara untuk posisi lain seperti operator produksi, PT Yamaha Motor Parts Manufacturing sanggup memberikan gaji mulai Rp. 5-juta per bulan. Posisi lain seperti administrasi bahkan bisa mendapatkan gaji mulai Rp. 6-juta per bulan.

Lagi-lagi jumlah ini disesuaikan dengan pengalaman kerja. Jika Anda memiliki jam terbang yang tinggi, maka kemungkinan besar Anda akan mendapat gaji yang lebih besar lagi.

6. PT Bridgestone Tire Indonesia

Masih dari industri otomotif, perusahaan besar di karawang yang bergaji relatif tinggi yang lainnya adalah PT Bridgestone Tire Indonesia. Didirikan pada tahun 1973, perusahaan ini merupakan milik Bridgestone Corporation yang ada di Jepang.

PT Bridgestone Tire Indonesia sendiri membuat produk berupa ban kendaraan dengan merek Bridgestone. Ban dari Bridgestone ini digunakan di berbagai jenis kendaraan. Baik itu kendaraan pribadi, truk, hingga kendaraan dengan spesifikasi khusus seperti forklift.

Soal gaji, PT Bridgestone Tire Indonesia termasuk perusahaan yang menawarkan gaji relatif tinggi. Bahkan untuk karyawan magang di bagian sales, manufaktur, logistik, atau customer service saja bisa menerima upah antara Rp. 2,5-juta sampai Rp. 4,2-juta per bulan.

Sementara untuk karyawan tetap di bidang produksi, bisa mendapatkan gaji Rp. 5-juta sampai Rp. 6-juta per bulan. Divisi lain seperti industrial engineering, gajinya lebih besar lagi. Berkisar antara Rp. 7,5-juta sampai Rp. 10-juta per bulan.

Bagaimana, menggiurkan sekali bukan? Sebagai kota dengan UMK tinggi, Karawang memang memiliki standar gaji yang diimpikan banyak pekerja. Perlu diingat bahwa informasi mengenai nominal gaji ini hanya berupa estimasi atau perkiraan, bukan nominal yang akurat. Untuk nominal gaji yang sesungguhnya biasanya akan diinformasikan pada saat interview kerja.

Mungkin itu saja informasi mengenai 6 perusahaan besar di karawang yang bergaji relatif tinggi kali ini. Semoga bisa membantu Anda terutama bagi yang sedang mencari pekerjaan di daerah Karawang.

Read Also