Info Gaji UMR Karawang 2024 beserta Daftar Perusahaan dengan Gaji Yang Tinggi

Info Gaji UMR Karawang 2024 beserta Daftar Perusahaan dengan Gaji Yang Tinggi

Karawang adalah satu dari sekian banyak kota yang menjadi destinasi favorit bagi para pencari kerja. Salah satu alasannya adalah karena nominal gaji. Ya, seolah sudah menjadi rahasia umum bahwa kabupaten Karawang memang memiliki standar gaji yang relatif tinggi dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Bahkan Karawang termasuk ke dalam daftar kabupaten dengan UMK paling tinggi di Indonesia.

Jika Anda ingin bekerja di Karawang, dan sedang mencari Info gaji UMR Karawang 2024 maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena pada postingan kali ini saya akan membahas segala hal yang berhubungan dengan UMR Karawang di Tahun 2024.

Apa Itu UMR?

Sebelum membahas tentang Info gaji UMR Karawang 2024, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu UMR?

Di kalangan pekerja, pembahasan tentang UMR memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Bahkan hampir setiap tahun para buruh mengadakan demonstrasi untuk menuntut kenaikan UMR. Lalu sebenarnya apa sih UMR itu?

UMR adalah singkatan dari upah minimum regional. Singkatnya UMR adalah standar gaji minimum yang diterapkan di suatu daerah. Sebagai contoh : Jika kota X memiliki UMR di angka Rp. 3,5-juta per bulan, maka gaji minimum atau terendah yang boleh diberikan perusahaan kepada karyawan adalah sebesar Rp. 3,5-juta per bulan. Dan perusahaan tidak boleh memberikan upah atau gaji yang kurang dari UMR yang sudah ditentukan.

Jadi wajar saja jika UMR ini sangat diperjuangkan oleh para karyawan. Karena berkaitan dengan kesejahteraan karyawan itu sendiri. Semakin besar UMR yang ada di suatu daerah, maka semakin besar juga potensi gaji yang akan didapatkan. Begitu kira-kira penjelasan singkatnya.

Sebenarnya istilah umr sendiri sudah tidak lagi digunakan. Sebagai gantinya, saat ini kita mengenal ump (upah minimum provinsi) dan umk (upah minimum kabupaten) sebagai istilah untuk menyebut standar gaji minimum.

Meski demikian, istilah umr sudah terlanjur menempel di ingatan masyarakat Indonesia sehingga masih sering digunakan sampai sekarang.

Info Gaji UMR Karawang 2024

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, bahwa Karawang memiliki UMR yang relatif tinggi. Dikutip dari sebuah sumber, info gaji UMR Karawang 2024 adalah sebesar Rp. 5,257,834/bulan. Besaran upah minimum ini diumumkan secara resmi oleh Plt Gubernur Jawa Barat yakni Bey Machmudin. Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 1,57% atau sekitar Rp. 81,655 dari UMR tahun 2023 yang memiliki jumlah Rp. 5,176,179/bulan.

Dibandingkan dengan daerah lainnya, Karawang bisa dikatakan sebagai daerah yang besaran UMR-nya terus mengalami peningkatan. Dalam lima tahun terakhir saja, peningkatan UMR di karawang tergolong sangat signifikan.

Pada tahun 2020 misalnya, UMR Karawang berada di angka Rp. 4,5-juta per bulan. Lalu pada tahun 2021 dan 2022, jumlahnya naik menjadi Rp. 4,7-juta per bulan. Pada tahun 2023, naik lagi dengan jumlah yang lumayan tinggi. Sekitar Rp. 300-ribu menjadi Rp. 5,1-juta per bulan.

Perusahaan di Karawang dengan UMR Tinggi

Dengan angka UMR yang terbilang tinggi dan terus mengalami peningkatan, maka wajar jika banyak orang yang ingin bekerja dan mengadu nasib di Karawang. Meski demikian, pada kenyataannya akan ada saja perusahaan yang membayar karyawannya dengan gaji di bawah UMR yang ditentukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba melamar kerja di perusahaan besar yang ada di Karawang. Karena biasanya perusahaan besar memiliki standar gaji yang disesuaikan dengan UMR. Selain mendapatkan gaji pokok, Anda sebagai karyawan juga berpotensi mendapatkan jaminan kesehatan, jaminan sosial dan sebagainya. Dan berikut adalah beberapa perusahaan di karawang dengan UMR yang tinggi.

1. PT Sumisho Global Logistic Indonesia

PT Sumisho Global Logistic Indonesia merupakan perusahaan yang menyediakan jasa logistik, baik untuk pasar lokal maupun internasional. Layanan yang disediakan oleh PT Sumisho Global Logistic Indonesia seperti gudang, transportasi, dan pengiriman. Sebagai salah satu perusahaan besar, PT Sumisho Global Logistic Indonesia menawarkan gaji dengan besaran yang cukup tinggi.

Untuk operator produksi saja bisa mendapatkan gaji hingga Rp. 8-juta/bulan. Sedangkan untuk posisi dengan level staff, bisa mendapatkan gaji antara Rp. 7-juta sampai Rp. 10-juta per bulan. Untuk posisi seperti management trainee bisa mendapatkan gaji Rp. 5,8-juta sampai Rp. 15-juta per bulan.

2. PT Sharp Semiconductor Indonesia

Perusahaan di Karawang selanjutnya yang memiliki gaji tinggi adalah PT Sharp Semiconductor Indonesia. Didirikan pada tahun 1995, perusahaan yang berlokasi di Karawang International Industrial City ini memproduksi berbagai komponen semikonduktor. Seperti volt regulator, opto electronic, dan masih banyak lagi.

Soal gaji, PT Sharp Semiconductor Indonesia menawarkan gaji yang tergolong besar bagi para karyawannya. Operator produksi di PT Sharp Semiconductor Indonesia bisa mendapatkan gaji Rp. 5,2-juta sampai Rp. 7,5-juta per bulan. Disesuaikan dengan lama masa kerja. Sementara untuk posisi yang memiliki spesialisasi seperti teknisi, PT Sharp Semiconductor Indonesia sanggup memberikan gaji antara Rp. 7-juta sampai Rp. 11-juta per bulan. Bagian lain seperti maintenance staff juga memiliki gaji yang tidak kalah menggiurkan, sekitar Rp. 7-juta sampai Rp. 10-juta per bulan.

3. PT Honda Prospect Motor

Siapa yang tidak kenal dengan brand kendaraan satu ini. Honda merupakan salah satu brand kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia. PT Honda Prospect Motor sendiri merupakan gabungan dari berbagai perusahaan Honda, hingga akhirnya PT Honda Prospect Motor menjadi pusat perakitan mobil Honda yang ada di Indonesia. Ada beberapa tipe mobil yang dirakit di perusahaan ini. Seperti Honda Jazz, Honda Brio, Honda BRV, dan masih banyak lagi.

Sebagai salah satu perusahaan besar berkelas internasional, wajar jika PT Honda Prospect Motor menawarkan gaji yang tinggi bagi para karyawannya. Berdasarkan info yang kami dapat dari sejumlah sumber, gaji operator produksi di PT Honda Prospect Motor sekitar Rp. 5,5-juta per bulan. Posisi lain seperti warehouse staff juga memiliki besaran gaji yang tak kalah menggiurkan, yakni sekitar Rp. 6-juta sampai Rp. 7-juta per bulan. Untuk staff quality control, parts procurement, dan engineering bisa mendapat gaji antara Rp. 6,3-juta sampai Rp. 7,7-juta per bulan.

4. PT Aisin Indonesia Automotive

Perusahaan di Karawang selanjutnya juga memiliki gaji yang tidak kalah besar. PT Aisin Indonesia Automotive merupakan perusahaan yang memproduksi spare parts atau suku cadang untuk kendaraan. Baik untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Didirikan pada tahun 2014, perusahaan ini merupakan hasil kolaborasi antara PT Astra Otoparts dan Aisin Seiki, sebuah perusahaan dari Jepang.

Gaji di PT Aisin Indonesia Automotive juga tidak kalah tinggi dari perusahaan sebelumnya. Untuk operator gudang dan operator produksi misalnya, bisa mendapatkan gaji antara Rp. 5,2-juta sampai Rp. 5,8-juta per bulan. Untuk staff manufaktur, bisa mendapatkan gaji sekitar Rp. 5,5-juta sampai Rp. 6,5-juta per bulan. Untuk level teknisi, PT Aisin Indonesia Automotive sanggup menggaji sekitar Rp. 5,7-juta sampai Rp. 7,5-juta. Sedangkan engineer specialist bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp. 6-juta sampai Rp. 8-juta per bulan.

Cara Mencari Pekerjaan dengan UMR Tinggi di Karawang

Setelah mengetahui info gaji UMR Karawang 2024, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencari pekerjaan dengan UMR tinggi di Karawang. Di zaman modern seperti saat ini, sangat mudah sekali untuk mencari lowongan pekerjaan. Anda bisa mencari pekerjaan menggunakan bantuan aplikasi pencari lowongan kerja.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari pekerjaan di Karawang dengan gaji yang tinggi adalah Jobstreet. Seperti yang kita ketahui bahwa Jobstreet adalah salah satu aplikasi populer untuk mencari lowongan kerja.

Untuk mencari lowongan pekerjaan di Karawang dengan gaji tinggi melalui Jobstreet, Anda bisa langsung mengunjungi website : https://jobstreet.co.id/

Selanjutnya, pada kolom pencarian Anda bisa pilih lokasi pekerjaan di “Karawang” untuk menampilkan semua lowongan kerja yang ada di Karawang. Anda juga bisa mengetikan nama posisi pekerjaan yang diinginkan.

Lalu pada hasil pencarian, Jobstreet akan menampilkan beberapa fitur untuk menyaring hasil pencarian. Salah satunya adalah fitur untuk memfilter gaji. Silakan masukkan gaji yang Anda inginkan, dan Jobstreet akan menampilkan lowongan sesuai dengan gaji yang Anda cari.

Mungkin itu saja informasi mengenai info gaji UMR Karawang 2024 kali ini. Semoga bermanfaat.

Read Also